Kota Medan dan Lalu lintas

#Medan itu……

Horaasss…..genap 2 bulan saya menetap di kota medan, ada hal menarik yang saya perhatikan, terutama tentang traffic !!!

Kota medan dan lalu lintas menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahas dan menurut saya, medan termasuk yang terkacau masalah lalulintas,

berikut major problem yang ada di medan

Image

1. Nyerobot lampu merah

Hampir disemua lampu merah, mau itu jalan utama atau jalan kecil, sebagian besar orang (plat nomer mobil atau motornya ber seri BK) nyerobot lampu merah, seakan tidak mengindahkan keselamatan dirinya dan pengendara lain, mau lampu merah itu jalanan sepi maupun ramai, tetap saja menyerobot !

2. Tidak pernah berhenti dibelakang garis !

Coba perhatikan, motor tidak pernah berada di belakang garis yang sudah dibuat ! bahkan sampai ke tengeah jalan nongkrongnya….angkot apalagi….jangan ditanya deh….

Image

3. Betor –> becak motor

Klo dibelakang moda angkutan yang satu ini, kita mesti extra hati hati…hanya dia dan Tuhan yang tau kemana arah betornya dibawa, tanpa lihat kanan kiri (apalagi lampu sein) seenaknya main belok, dan pengalaman saya naik betor sangat mengerikan, ngebuuutt tanpa peduli penumpang yang dibawa !! valentino rossi lewaaatttt……saya juga sangsi dengan kondisi rem dan mesin yang digunakan, bukan tidak suka, akan tetapi kalau seandainya betor ini dihias dan pengemudinya diberikan pemahaman tentang safety dan sedikit sense of culture..pasti wisatawan akan penasaran buat coba…so, once u driving at medan, keep your eyes on it !

Image

4 Bunyi klakson  !!!

Entah kenapa, setiap saya bawa mobil, baru dapat lampu merah, atau lampu traffic baru hijau, klakson sudah bersahut sahutan.. ga sabaran bangeett.. dan saya hampir berantem dengan seorang pengendara yang membunyikan klakson tanpa henti disaat saya berhenti pada saat lampu merah, Whaatt the F@%$#!^* !!!! awalnya sih cuek aja…tp akhirnya saya turun,…samperin, trus tanya, “GA LIAT ITU LAMPU MERAH !!” eh…dia dengan muka tak berdosa diem aja sok cuek !! deeemm….

5. Iring iringan organisasi kepemudaaan (OKP)

Mungkin kota satu satunya di indonesia OKP nya bak cendawan di musim hujan alias subur makmur adalah medan…bahkan dibeberapa tempat terdapat plang, pengurus sub rayon sebuah organisasi kepemudaan…jadi dari pengurus wilayah, pengurus kota/kabupaten, pengurus cabang, pengurus rayon, pengurus sub rayon, pengurus ranting….buseett….!!

Kalo udah ada acaranya tuh….jangan tanya deh…jalan ditutup, iring iringan motor ga berarturan, ga pake helm, kebut kebutan…

Jadi terpikir mungkinkah ini potret rendahnya penegakan hukum di kota metropolitan ini ??? menurut beberapa orang yang sempat saya berdiskusi tentang masalah ini, katanya polisi takut untuk menilang, barangkali ada saudara atau bekingannya lebih tinggi, alih alih mau nilang, yang ada kena marah atasan.

Sungguh sayang sekali keelokan kota ini tercemar dengan prilaku pengendara yang dibiarkan tidak disiplin…rendahnya kesadaran berlalu lintas bisa dibentuk dari penegakan hukum yang teguh dan konsisten, tanpa kompromi dan tanpa pandang bulu.

Terlepas dari tata kotanya yang menurut saya juga sedikit semrawut (banyak persimpangan dalam jarak yang sempit) dengan penegakan hukum yang konsisten, akan membentuk kesadaran berlalu lintas pengendara dan setidaknya ini akan mengurangi kemacetan dan membuat driving experience di kota medan semakin menyenangkan,

Mengendarai motor atau mobil menyusuri kota kota tua, istana maimun, mesjid raya dan sesekali menepi menikmati kopi kopi aceh serta mie aceh dan banyak nya spot kuliner di kota medan…aahhh…betapa menyenangkannya…

Horaaass…. 🙂

Advertisements

7 Comments

  1. How’s your life, Bang? 🙂
    See you again here.
    Dapat kabar dari kak adek kalau abang udah di-rolling lagi ke Medan.
    Haha, Medan emang terkenal dengan traffic dan sopirnya yang maut, bang. *walaupun belum pernah ngalamin sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s